Anda pernah naik angkot? Apa yang Anda rasakan ketika sang supir ngetem (berhenti sampai angkot penuh diisi oleh penumpang)?! Mungkin jengkel karena sang supir tidak melaju untuk membawa Anda ke tempat tujuan dengan segera.

Saat naik angkot, ada satu hal indah namun nyata yang saya pelajari, bila sang supir terus menengok ke belakang, maka mobil itu tidak akan pernah maju. Jika maju pun, paling hanya sedikit-sedikit, tidak mungkin maksimal. Kalau sang supir melaju sambil menoleh ke belakang, maka pasti tabrakan yang bakal terjadi.

Apa arti dari semua ilustrasi di atas? Sama seperti saat kita menghadapi kehidupan kita sendiri. Seorang bijak yang tak diketahui namanya pernah mengatakan, jika Anda tetap menoleh ke belakang (masa lalu), maka Anda telah membakar jembatan yang akan membawa Anda ke masa depan.

Sebut saja satu kegunaan kenapa masa lalu harus diingat? Maka jawabnya tidak ada. Entahkah itu kenangan manis, entah kenangan pahit, hal itu tetap ada di masa lalu.

Tak peduli seberapa indah kenangan yang terjadi di masa lalu, hal itu tetap terjadi di masa lalu. Saat itu Anda mungkin dipuja-puja, namun bagaimana dengan sekarang? Apakah Anda masih tetap dipuja-puja?! Jika saat itu Anda mengalami kejayaan yang besar, bagaimana dengan sekarang? Masa-masa kejayaan itu (bila pernah terjadi dan telah berlalu) tak dapat kembali lagi.

Bila sepasang suami istri tetap mengungkit-ungkit kesalahan-kesalahan masa lalu dalam kehidupan rumah tangga mereka, maka dapat dipastikan rumah tangga itu tidak dapat bertahan.

Oleh karena itu, jangan sampai hal-hal di masa lalu mengikat langkah kita untuk tetap berada di sana. Terimalah kenyataan bahwa hidup ini terus berjalan dan Anda takkan pernah bisa kembali ke masa lalu.

Bagi Anda yang memiliki masa lalu yang manis, Anda dapat tetap memiliki masa sekarang dan masa depan yang manis, jika Anda hidup secara maksimal untuk HARI INI.

Bagi Anda yang mungkin memiliki banyak kenangan pahit di masa lalu, ada baiknya Anda melepaskan semua kepahitan itu. Maafkanlah! Mintalah maaf! Beri kesempatan bagi orang lain! Perbaikilah sikap ketika Anda mendapat kesempatan lagi!

Tinggalkan masa lalu! Jangan menoleh ke belakang! Tetapkan pikiran dan fokus Anda untuk menghadapi HARI INI! Latihlah diri Anda untuk terus melaju. Belajarlah dari kesalahan yang pernah terjadi.

Jika Anda tetap hidup dalam rongrongan masa lalu yang buruk, maka Anda sedang menghancurkan masa depan Anda sendiri dan pastinya, Anda tidak mungkin bisa menikmati masa sekarang dengan baik.

Pilihan ada di tangan Anda!

If you look the past, you burn the bridge to the future (Unknown)