Tak terasa waktu berlalu demikian cepat sekali. Dua bulan berlalu semenjak diary terakhir yang kutulis. Banyak hal yang berlalu dalam dua bulan ini. Tiba-tiba terbesit dalam pikiranku untuk menulis diary ini sebagai flash back apa saja yang telah kulakukan selama dua bulan ini.

Satu hal yang paling kusesalkan dari diriku sendiri adalah kebiasaan untuk menunda waktu. Aku rasa aku harus belajar untuk menjadi lebih efektif lagi dalam memanage seluruh waktuku sehingga aku bisa hidup lebih teratur lagi.

Belakangan ini aku mulai menerapkan satu persatu kebiasaan "The 7 Habits". Aku berharap dengan demikian hidup akan menjadi lebih penuh dan lebih efektif lagi. Sejauh ini aku baru mulai menerapkan dua kebiasaan pertama saja, yaitu: "Jadilah Proaktif" dan "Merujuk Pada Tujuan Akhir".

Menjadi proaktif emang kadang terasa susah-susah gampang, terkadang kita harus bisa menahan diri kita dan memilih yang terbaik untuk diri kita, walaupun semua itu bertentangan dengan emosi kita.

Begitu juga dengan kebiasaan Merujuk Pada Tujuan Akhir. Belakangan ini aku juga mulai menyusun ulang target dan impian yang ingin kucapai, dan setelah semuanya ku kerjakan, aku merasakan satu gairah yang mengebu-gebu dalam hidupku sehingga aku kini menjadi lebih semangat lagi dalam menjalani hidupku.

Selain menetapkan pada diriku sendiri, aku juga belajar untuk mengajarkannya pada siswaku. Kebiasaan "Jadilah Proaktif" dan "Merujuk Pada Tujuan Akhir" pun mulai kuterapkan pada siswaku. Setiap kali ada ulangan pasti aku akan meminta siswaku untuk berdiskusi dan menentukan sendiri kapan ulangannya. Selain itu aku juga melatih mereka menjadi lebih proaktif dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan di depan kelas. Selain itu aku juga mengajarkan siswaku untuk men-set ulang goal mereka dalam belajar, menetapkan tujuan kapan akan benar-benar menguasai mandarin sampai tingkat mahir. Dengan berbagai pelatihan psikologis seperti melompat dan dan menggambar, aku mengajarkan mereka tentang kehebatan pikiran manusia dan pengaruhnya pada diri kita. Bagaimana dengan sebuah impian, kita bisa menjadi lebih bersemangat dalam menjalankan sesuatu, dengan sebuah goal yang jelas kita akan lebih terarah. Setelah melalui berbagai pelatihan pengembangan diri pada siswa-siswi ku, aku juga meminta mereka untuk menulis target berapa lama mereka akan benar-benar menguasai mandarin dalam tingkat mahir, dan menempelkannya di kamar mereka sebagai visualisasi dari goal belajar mandarin. Hasilnya sangat luar biasa sekali, siswa-siswi yang mengerjakan apa yang saya sarankan menjadi jauh lebih semangat dalam belajar dan menjadi lebih cepat menguasai materi yang diajarkan.

Aku benar-benar berharap aku bisa menerapkan semua kebiasaan yang efektif seperti yang diajarkan oleh buku "The 7 Habits" dalam hidupku sehingga hidupku akan menjadi lebih efektif lagi.

Jumat ini aku akan segera berangkat ke Sintang untuk membantu mempersiapkan acara dan ritual pernikahan seorang umat di Sintang. Tak terasa sudah 7 bulan aku meninggalkan kota Sintang. Ada sesuatu yang hilang dalam jiwaku ketika aku membayangkan diriku akan berangkat ke Sintang lagi. Kali ini aku akan kuat dalam menjalani semua yang terjadi dalam hidup ini.

Jia you selalu.